Pages

14 Oktober 2010

Linux: Menjelajah Dunia yang Baru


Hampir satu minggu ini absen dari bloging memang bukan tanpa alasan. Pertama jelas urusan kuliah yang semakin banyak selain itu saya baru saja selesai migrasi. Bukan migrasi pindah ke negeri seberang, tapi migrasi sistem operasi. Sudah ada kurang lebih delapan tahun saya menjelajahi dunia Windows sudah berbagai windows saya pakai. Saatnya pindah dan menjalani dunia baru yang lebih menyenagkan dan viola...hasilnya seperti di lihat di atas. Tidak mengecewakan bukan? Hehehehehe..

Utuk post kali ini saya ingin berbagi pengetahuan bagi para pengguna fedora agar dapat melakukan make-over tampilannya agar lebih sedap di pandang. Pertama mari kta daftar program yang perlu di install sebelum melakukan make-over.
  1. Global Menu
    Nama lengkapnya adalah Gnome Global Menu, merupakan proyek yang di tujukan untuk memperkenalkan document-orientend pada GNOME. Selain itu Global Menu dapat merampingkan jendela serta mempermanis tampilan. Anda dapat medownload source dari link di atas namun sangat tidak di sarankan, karena proses compilenya hanya akan membuat pusing. Namun tenang, setelah sekian lama mencari sekarang sudah ada solusinya.

  2. Cairo Dock
    Yang kedua adalah Cairo Dock atau sekarang lebih sering di sebut glx-dock. Penaman ini tentu memiliki arti dimana untuk versi cairo-dock standard tidak ada animasi-animasi yang mempercantik dock. Sedangkan untuk glx-dock, karena sudah ada OpenGL, maka dock akan terlihat semakin manis.

  3. Elegant Theme (optional)
    Sebenarnya untuk yang terakhir ini suka-suka sih tudak ada patokan harus ini. Namun kebetulan saya suka saja tema ini kelihatan elegan (ya iya lah, namanya juga elegan). Namun bisa di coba juga tema mac4lin bagi yang ingin terlihat seperti mac yang bisa di cari di gnome-look.org. Ada banyak pilihan di sana dan yang palin penting adalah gratis. Hahahahahaha.

Setelah itu langak selanjutnya adalah installasi. Tapi tunggu dulu, kita harus menambahkan repositori dari RPM Fusion agar semua bisa berjalan lancar. Untuk cara menambahkan repositori silahkan di lihat di web resmi RPM Fusion karena akan terlalu panjang. Selanjutnya mari ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Install Galobal Menu
    Sekarang masuk ke dalam teminal dan masuk sebagai root lalu ketikkan:
    # yum install gnome-globalmenu
    Tunggu proses hingga selesai.

  2. Install Cairo Dock
    Sama seperti di atas, namun sekarang ketikkan perintah di bawah:
    # yum install cairo-dock
    Tunggu proses hingga selesai

  3. Install Elegant Theme
    Untung yang ini memang paling repot karena kita harus compile langsung dari sourcenya, namun jika ingin yang mudah silahkan lewati.

    • Download file lalu ekstrak
    • Masuk ke termunal lalu ketik make install
    • Tunggu proses yang agak lama hungga selesai
    • Masuk Accecoris > Elegant GNOME > Install the pack

    Namun ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi agar sukses saat proses installasi. Yaitu Beesu dan Murrine GTK 0.98.0 yang semuanya dapat di install dengan perintah di bawah:
    #yum install beesu
    #yum istall gtk-murrine-engine
    Semuanya sudah siap, sekarang saatnya mengucap Alhamdulillah.
    :D

NB: Jika ada yang tahu cara install Nautilus Elementary mohon pencerahannya. Terimakasih.
:D

2 komentar:

Wahyudi Blog! mengatakan...

Wah, tutor keren gan...!!!
thanks for share... :D

faris mengatakan...

adiiiiiiiii.

Poskan Komentar