Pages

04 Oktober 2010

Hidup ini...


Hidup ini sungguh menarik. Berisikan sejuta rehasia yang mebingunkan kita. Kadang kita mengalami suatu kejadian dan tak tahu mengapa apa maksud dari semua ini. Sering sekali dalam hidup ini kita diharuskan tertawa padahal batin sedang menangis sedih, namun sering pula di kala hati tertawa gembira kita harus menangis. Setiap langkah sita menyusuri jalan-jalan setapak kehidupan ini semakin sadar kita bahwa hidup adalah anugerah.

Sudah sepantasnyalah kita bersyukur kepada Allah Yang Maha Hidup atas anugerah ini. Bayangkan dirimu jika tak pernah hidup seperti sekarang, bisakah? Atau mampukah kita memikirkan hal yang demikian? Hidup ini misteri kawan tak mampu pikiran kita menjangkaunya. Sering kita dengar kisah si Miskin yang terlilit hutang, namun beberapa tahun kemudian dia menjadi si Kaya yang dermawan. Banyak pula kisah sang permaisuri menikah dengan rakyat jelata. Menarik bukan hidup ini, semua mungkin terjadi dan semua tergantung kita.

Selama berpuluh-puluh tahun kita berusaha keras untuk terus belajar agar memiliki gelar sarjana. Tidak cukup sarjana S1, namun S2 hingga mengikuti program dual degree pun di lakukan. Semua semata untuk mengejar impian bahwa selepasnya aku menjadi sarjana, maka akan banyak tarawan perusahaan yang menjadikan aku sebagai pekerjanya. Mimpi tetaplah mimpi, namun kehidupan punya caranya sendiri mengartikan mimpi tersebut. Pada saat kita lulus, ternyata terjadi krisis moneter dan banyak perusahaan yang melakukan PHK terhadap pekerjanya. Perusahaan tak membuka lowongan lagi dan akhirnya banyak sarjana menganggur dan tak berdaya.

Saat-saat seperti inilah kita harus bertindak. Ada, bahkan banyak, orang yang menyalahkan nasib serta kehidupan ini atas semua yang terjadi. Mengapa alur kehidupan ini tak sesuai dengan rencana dan keinginan kita. Namun ada pula, walau sangat sedikit, yang bangkit lalu kembali menyusun impian-impiannya. Pertarungan kehidupan ini sungguh kejam, karena memang kehidupan hanya akan memilih orang-orang yang kuat tekadnya untuk terus maju. Banyak orang yang berkata bahwa kesulitan dalam kehidupan ini adalah bagai neraka. Namun tahu apa kita tentang neraka? Bahkan kita belum mengetahui segala sesuatu tentang diri kita. Kesulitan-kesulitan yang ada adalah tantangan yang membuat hidup ini semakin menarik.

Untunglah hidup ini tak cuma sekali. Ada kehidupan lain yang menanti setelah kehidupan yang ini dan jalannya telah kita tentukan. Jalan kehidupan itu akan membawa kita ke akhir yang berbeda. Marilah kita susuri jalan-jalan yang ada ini dengan penuh semangat. Pilihlah jalan yang sulit dalam kehidupan kita sekarang agar sampai ke kehidupan yang lebih baik yang di namakan Surga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar